Aku telah menemukan saudara dari hal yang lain. Dari waktu.

Saudaraku lebih akrab kusapa RJ. Nama itu ada setelah kurang lebih 13 tahun bersama mereka. Aku menyaksikan, mendapatkan, dan mempelajari banyak hal dari mereka…. Hal-hal yang mungkin tidak sempurna kudapatkan dari orang lain.

Dari kanak-kanak yang duduk manis di bangku mini TK, lalu berlari di rerumputan lapangan SD, menikmati pubertas ala santri di Tsanawiyah, hingga pencarian diri di ruang-ruang Aliyah… semuanya…. Aku berharap untuk bisa mengingat semuanya dengan baik.

Bersama RJ, sebenarnya, separuh hidupku telah habis bersama mereka, cukuplah itu menjadi alasan mereka bagian paling  berpengaruh dalam perjalananku. Sampai kukira, tidak lagi ada teman sekelas sebaik mereka….

Allahumma Rabby, Syukur hamba mendapatkan mereka dalam hidup hamba.

Metamorfosis kami….  Sungguh ingin sekali menuliskan semuanya… tapi kenangan terkadang sangat pandai merahasiakn bahasa untuk menggambarkannya. Mungkin ia lebih suka dirasakan.. heheh… entahlah…


Depan kelas 3 Tsanawiyah, massa-masa UJian Akhir

Tapi pada bagian yang aku bisa… inilah kami,  dalam bahasaku. Dalam kenanganku….

Sayangnya, sulit sekali mendapatkan gambar dengan seragam putih hijau ala SD. Begitu penasarannya dengan wajah RJ 13 tahun yang lalu…





Selepas UAN, (dari atas kiri ke kanan) : Ma'rifah, St. Nurfadhilah. R, Wardiah, Nur Syamsih, Kurniati. R, Nur Ana Rauf, Zainab, Rahmah Ath;Thahirah, Nur Fadhilah. I, St. Hajrah, Masruarah, Musyayyadah, Mudarrisah, Suaibah, Rafiah. H, Iffah Nafsiah, Hikmawati, Auliatul Muslimah, Mukhbitah, Muslimah. A, Mutaaddibah, Dzikrah, Irma, Nurjanna.D.

Aliyah, adalah masa paling …. Amazing! Banyak hal baru yang terjadi bahkan dari sekedar hal kecil yang sangat sederhana, persahabatan, mungkin juga cinta, Arafah dengan 9 sudut penuh warna, mukhayyam, ruang kelas, kantin, kebun-kebun mangga, mesjid, hammam yang sering kekurangan air, danau silong tempat buang penat, asrama yang seperti oven di siang hari,… semuanya, masih sangat akrab dalam ingatan.

Penamatan... Melepas Aliyah.


Mungkin tidak lagi di Arafah, tapi selalu, akan ada RJ, akan ada Arafah dalam hatiku.

@ Merindukan Kalian.... :(