“Sebagian doa kita mungkin diijabah segera, sebagian yang lain menunggu waktu yang lama, namun segala sesuatu yang dimulai dengan doa akan datang dan wujud dengan cara paling indah”.


Berapa kali Rabb Ar-Rahman memberimu kejutan yang indah?

Sungguh, tidak terhitung jumlahnya. 


Saya memikirkan ini saat mengalami first night effect di malam pertama ketika tiba di Istanbul, Turki. Kesulitan tidur di tempat asing mungkin lumrah pada kebanyakan orang. Saya pernah membaca penelitian tentang ini yang menyatakan kondisi otak manusia ketika beristirahat di tempat asing menjadi asimetris, dalam artian hanya sebagian yang terlelap sementara bagian otak lain tetap aktif. Hal ini merupakan respon alami tubuh kita untuk menjaga diri dari ancaman. MasyaAllah, sedetail itu Allah al-Mulk mencipta kita. 


Saya mengingat kembali moment tahun lalu ketika pertama kali ke Turki —Negri yang telah lama saya impikan— sebagai pendamping kegiatan overseas siswi SPIDI. Di Bus dalam perjalanan dari bandara ke hotel yang lumayan jauh, dalam keadaan yang sangat-sangat lelah, mata saya tidak sedikit pun ingin terpejam. 


Saya berulang kali bermimpi mengunjungi tempat ini, lalu terbangun dan merasa ada yang hilang. Di Bus, saya merasa khawatir sendiri, jangan-jangan ini juga hanya mimpi dan kalau saya tertidur, saya takut saat bangun…, semuanya berakhir.


Seingat saya, hasrat berkunjung ke Turki itu pertama kali ada ketika masih duduk  di kelas Aliyah, saat itu salah satu tayangan TV program bulan Ramadhan mengangkat tradisi Islam serta tempat2 bersejarah di Turki. Jejak sejarah peradaban Islam yang terjaga, keindahan seni arsitektur —terutama masjid dan istana sultannya— membuat saya jatuh cinta. Adakah hati yang tidak terpesona pada jejak kejayaan Islam dahulu?


Sejak hasrat itu menjadi benih harapan di dalam hati, saya mulai menabung banyak doa. Lalu semua doa itu Allah ijabah setelah 10 tahun lebih saya menantikannya.


Cara Allah mengijabahnya sungguh menakjubkan.

Berangkat gratis, bersama sahabat, fasilitas hotel bintang 5, bus wisata dan tour guide, seru-ramai bersama siswi, study tour tempat-tempat bersejarah, museum, universitas, dan wisata ke gunung uludag, serta banyak kebaikan lainnya yang jika saya mengingatnya kembali, desir bahagia itu masih terasa. 


Doa memang menyimpan banyak rahasia. 

Keajaibannya kembali terulang. Kali ini dengan ijabah yang sangat cepat, begitu tiba-tiba, dan terjadi begitu saja.    


Niat ibadah umrah bersama suami, Allah genapkan dengan Kun, Fayakun-Nya.

Persiapan berangkat hanya 1 hari dengan biaya yang sangat minim, Kami berangkat bersama sekaligus dengan 4 kawan perjalanan yang sangat baik dan saling mendukung, diberikan kembali rezeki berkunjung ke Turki, dijamu langsung oleh keluarga ketua yayasan dan direktur SPIDI, serta ibadah umrah yang dilancarkan sekaligus dipenuhi kemudahan. 


Satu lagi, siapa sangka perjalanan ini membuat kami menjejaki beberapa Negara dan kota; Malaysia, Muscat, Turki, Makkah, Madinah, Singapura. 

Alhamdulillah, Hadza min fadhli Rabbiii….


***


MasyaAllah, sungguh berbeda sesuatu yang kita dapatkan tanpa memintanya dalam doa dengan sesuatu yang dimulai dalam doa. 


Apa-apa yang datang pada kita setelah dimulai dengan doa selalu jauh lebih baik, lebih mudah, lebih banyak, lebih melimpah, lebih berkah dari apa yang bisa kita bayangkan. 


Bahkan jika doa kita belumlah khusyuk, Allah dengan sifat RahimNya tetap akan menghimpun doa-doa itu, 

sebagian dikabulkan dengan segera

sebagian diijabah pada waktu yang tepat

sebagian diganti dengan kebaikan yang lain

sebagian dijadikan perisai dari keburukan

dan sebagian lainnya menjadi tabungan untuk akhirat.


Jika doa itu dikabulkanNya, maka itu datang dengan kebaikan. Lalu jika doa itu tidak mewujud nyata, pasti kerena Allah menjaga kita dari keburukan yang tidak kita ketahui. Seperti itulah Allah Karim menyayangi kita.


Itulah sebab setiap muslim hendaknya mengucap Basmalah pada setiap apa yang akan dikerjakannya. Itu adalah cara kita melibatkan Allah dalam setiap urusan kita.


***

Malam gerimis di Istanbul, 9 November 2023

Semoga Allah kumpulkan kita semua di Syurga, dan mengenang ini di atas dipan-dipan syurga.

Di taman kota Istanbul

Di sisian benteng constantinopel yang masih berdiri kokoh
Dalam mobil dari bandara, hari pertama di Turki.
Malam Pertama di Turki
Masjid Sultan Alfatih